Senin, 18 Februari 2013

Paradikma Kecerdasan Spiritual



a.      Pengertian Kecerdasan Spiritual
Secara bahasa ( etimologi ) kecerdasan berkonotasi dengan intelektualitas, dalam berbagai refrensi intelektualitas mengandung arti cerdas, cendekia, pintar dan mempunyai keilmuan. Sedangkan kata spiritual dapat kita pandang sebagai sebuah wujud batiniah atau penjiawaan seseorang dalam memaknai sebuah arti hidup dan kehidupan dalam kaitannya dengan Tuhan.
b.      Pentingnya Kecerdasaan Spiritual Bagi Manusia
Dalam Al-qur’an, setidak-tidaknya terdapat dua puluh tujuh ayat yang berkenaan dengan kata dan masalah spiritualisasi disamping persoalan zakat.sebuah tujuan hidup yang utama bagi orang yang bertaqwa, dan padanya bergantung keselamatan dan kesengsaraan manusia di dunia dan akhirat dalam pandangan Tuhan YME.
Spiritualisasi sebagai tujuan hidup utama orang yang bertaqwa dan penentu bagi keselamatan dan kesengsaraan manusia didunia dan akhirat.
c.       Kecerdasaan Spiritual dan Hidup Bahagia
Hidup bahagia merupakan dambaan semua manusia tanpa terkecuali, karena itu tujuan hidup manusia sesungguhnya adalah mencapai tingkat tertinggi yaitu kebahagiaan baik lahir dan batin.
Namun yang jelas banyak factor yang membuat orang bisa hidup bahagia, diantaranya :
1.      Uang
Uang merupakan salah satu sumber kebahagiaan. Benarkah ?
Berikut ini contoh orang-orang super seperti Anders seorang eksekutif bisnis senior di Swedia yang kaya raya dan Seorang perawat ysng menyukseskan sebuah perusahaan. Namun dibalik dia kaya raya bergelimpangan uang dimana saja ternyata dia tidak bahagia dalam hidupnya.
2.      Materi
Materi yang dimaksudkan adalah buakanlah uang namun mencakup kekayaan dan segala sesuatu yang serba material. Ternyata materialistis ini tidak membuat seseorang bisa bahagia namun akan membuat dia lupa dengan dunia dan terjebak dalam godaan dunia itu sendiri senhingga melupakan asal dia darimana bahwa manusia itu fana.
3.      Kesehatan
Kesehatan apakah ini menjadi sumber bahagia bagi manusia ?.
Mungkin kata sebagian orang “Kesehatan menjadikan hidup saya lebih bahagia” namun sebagian orang lainnya menjawab “tidak” karena justru banyak kawan lebih membahagiakan kehidupan saya. Begitulah jawaban sebagian manusia sangat beragam dan variatif sesuai selera dan pengalaman hidup masing-masing
4.      Spiritual
Fakor Spiritual sendiri merupakan resep yag mujarab untuk hidup bahagia, karena ternyata factor spriritual sendiri  yang jauh diluar dugaan oleh sebagian orang factor ini ternyata tidak hanya menjadikan kita cerdas secara spiritual saja namun akan membuat hidup kita bahagia secara spiritual juga.
5.      Beramal
Beramal adalah simbolisasi rasa wujud syukur kepada Tuhan atas karunia yang diberikan sebagai catatanamal sholeh setelah manusia meninggalkan alam fana.faktor ini pun tidak kalah pentingnya untuk membuat konsep kebahagiaan.
Karena beramal merupakan manifestasi kekhalifahan manusia, wujud amal ini dapat kita sebut sebagai iman yang teguh, iman keagamaan, keyakinan dan kepercayaan yang kuat.
d.      Krisis Spiritualisasi Masyarakat Modern
Manusia modern saat ini yang dibilang maju namun ternyata mengalami krisis spiritual karena manusia tidak mau mengisi ruang spiritual itu dengan hal-hal yang positif dalam kehidupan mereka. Dan mereka juga kehilangan visi dan misi ketuhanan yang sejati sehingga perbuatan-perbuatan yang buruk pun menjadi terbiasa dan biasa dilakukan dalam ranah kehidupan.
Krisis spiritual yang melanda manusia ini disebabkan oleh dampak kehendak kita untuk memutuskan hubungan “komunikasi” dengan Tuhan.

Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar